Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Muncul di Layar HP Realme 2024

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Muncul di Layar HP Realme
Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Muncul di Layar HP Realme - Ikon merupakan shortcut dari aplikasi-aplikasi yang sudah terinstall di dalam perangkat ponsel Android.

Setiap kali anda menginstall sebuah aplikasi baru, tentunya secara otomatis ikon dari aplikasi itu akan langsung muncul pada ponsel anda.

Tak hanya itu, ikon juga bisa anda gunakan sebagai sarana untuk menjalankan aplikasi yang sudah terkait.

Tidak sepertihalnya dengan perangkat komputer yang dimana setiap aplikasi yang sudah terinstall akan langsung terdaftar di dalam menu All Program.

Jika anda menggunakan sistem Operasi Windows dan juga bisa tempatkan ikon tersebut di dalam Dekstop untuk bisa memudahkan anda semua.

Apabila anda ingin sekali menjalankan aplikasi tersebut, maka anda bisa jalankan dengan cara masuk kedalam menu drive c:/Program Files.

Akan tetapi, cara yang ini tidak bisa dijalankan di perangkat ponsel Android, yang dimana anda bisa menjalankan aplikasi-aplikasi tersebut dari ikon yang sudah tampil di dalam layar ponsel anda.

Disaat anda ingin sekali mencari sebuah aplikasi kesuakaan anda, terkadang ada momen yang dimana ikon dari aplikasi tersebut tiba-tiba tidak muncul atau hilang.

Hal tersebut, tentunya tidak terlalu menjadi masalah bagi sebagian orang, akan tetapi untuk sebagian orang tentu hal tersebut cukup mengganggu.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Muncul di Layar HP Realme

Agar ikon dari aplikasi yang hilang tersebut bisa kembali lagi, kami telah menyiapkan beberapa cara mengatasi aplikasi tidak muncul di Layar HP Realme sebagai berikut.

1. Membersihkan Data Aplikasi Home

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Muncul di Layar HP Realme
Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Muncul di Layar HP Realme Dengan Membersihkan Data Aplikasi Home
Cara yang akan kami sampaikan ini mungkin saja akan bisa berlaku apabila aplikasi atau launcher homen bawaan pada perangkat ponsel anda sedang bermasalah.

Namun terkadang para pengguna ponsel Android tidak tau mengenai aplikasi yang digunakan pada home tersebut.

Akan tetapi disaat aplikasi bawaaan ini tidak bisa anda lepas pemasangannya, maka anda bisa hapus terlebih dahulu data dari aplikasi-aplikasi tersebut.

Langsung saja tanpa banyak penjelasan, berikut ini langkah-langkah cara mengatasi aplikasi tidak muncul di layar HP Realme dengan membersihkan data aplikasi home sebagai berikut:
  • Langkah pertama, silahkan anda geser status bar ke bagian bawah layar.
  • Kemudian anda bisa pilih ikon tanda gir tersebut.
  • Lalu anda bisa cari menu aplikasi atau cari aplikasi sistem dan dilanjutkan dengan cari aplikasi dengan memilih ikon yang bergambar home.
  • Pilih aplikasi itu, lalu klik opsi Clear Data atau Hapus Data.
  • Setalah itu, anda bisa tunggu beberapa saat sampai proses clear data selesai, jika anda diminta untuk melakukan restart ponsel maka anda bisa lakukan tersebut.
  • Selesai.

2. Mengganti Launcher Android

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Muncul di Layar HP Realme
Dari beberapa penyebab icon dari aplikasi tersebut tiba-tiba hilang atau tidak muncul, mungkin aplikasi Launcher di perangkat Android bisa menjadi salah satu penyebab hilangnya ikon dari aplikasi tersebut.

Menggunakan Launcher secara sembarang ternyata akan bisa menyebabkan berbagai macam masalah yang akan muncul pada perangkat Andorid anda.

Seperti muncul sebuah iklan didalam beberapa aplikasi yang sudah diinstall dan virus pada perangkat Android anda.

Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut, anda bisa mengganti launcher pada perangkat ponsel Andoird milik anda.

Berikut langkah-langkah cara mengatasi aplikasi tidak muncul di layar HP Realme dengan mengganti Launcher Android:
  • Pertama-tama, silahkan anda download dan install aplikasi Lawnchair Launcher di Play Store atau bisa juga melalui link berikut (Download Aplikasi Lawnchair Launcher).
  • Jika aplikasi sudah terpasang pada perangkat Android anda, silahkan anda klik tombol home.
  • Setelah itu, anda pilih opsi Lawnchair kemudian anda pilih menu Always.
  • Dengan memilih menu tersebut, maka Launcher ini akan bisa berjalan setiap saat walau kembali ke menu dalam layar awal.
  • Jika sudah selesai, anda bisa cari ikon apliaksi yang hilang tersebut.
  • Kemudian anda bisa hapus Launcher bawaan sebelumnya dengan cara masuk ke dalam menu pengaturan, lalu pilih aplikasi.
  • Anda bisa cari Launcher yang sedang bermasalah dan anda pilih copot pemasangan atau uninstall.
  • Selesai.

3. Install Ulang Aplikasi Yang Hilang

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Muncul di Layar HP Realme
Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Muncul di Layar HP Realme Dengan Install Ulang Aplikasi Yang Hilang
Selain menggunakan kedua cara diatas, anda juga bisa mengatasi aplikasi yang tidak muncul dengan install ulang aplikasi yang hilang.

Apabila aplikasi Launcher atau home tersebut tidak terdapat masalah sama sekali, maka bisa jadi salah satu penyebabnya terdapat disaat anda memperbarui aplikasi lewat Google Play Store.

Karena hal yang bisa menimbulkan kesalahan tersebut bisa saja terjadi disaat melakukan pembaruan aplikasi, jaringan yang terputus, atau ponsel tiba-tiba mati.

Langsung saja berikut ini langkah-langkah cara mengatasi aplikasi tidak muncul di layar HP Realme dengan install ulang aplikasi yang hilang:
  • Pertama-tama silahkan anda buka Google Play Store.
  • Kemudian anda cari aplikasi yang tiba-tiba muncul dan hilang, seperti aplikasi Facebook, maka cari Facebook pad akolom pencarian.
  • Kemudian anda bisa pilih aplikasi tersebut dan silahkan anda lihat kontak hijauh yang berada di sebelah kata Uninstall.
  • Jika disana bertuliskan open, mmaka anda bisa pilih opsi Uninstall untuk bisa menginstall kembali aplikasi tersebut. Namun jika bertuliskan update, maka anda bisa melakukan update.
  • Setelah itu, anda bisa tunggu beberap saat sampai prosesnya selesai dan silahkan juga anda pastikan jaringan internet yang anda gunakan dalam keadaan lancar dan batrea ponsel anda dalam kondisi full.
  • Selesai.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan yang dapat kami sampaikan kepada anda semua mengenai Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Muncul di Layar HP Realme.

Semoda dengan ulasan yang kami sampaikan di atas bisa membantu anda untuk mengatasi masalah tersebut secara mudah.

Selain cara mengatasi aplikasi yang tidak muncul di layar HP Realme, terdapat juga cara mengatasi apliaksi yang tidak muncul di layar HP Xiaomi, Samsung, Oppo, dan lainnya.

Untuk lebih lengkapnya, anda bisa terus simak situs web kami ini agar tidak ketinggalan informasi seru dan menarik lainnya dari kami. Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel