Cara Melacak Orang Lewat Facebook 2024

Cara Melacak Orang Lewat Facebook
Cara Melacak Orang Lewat Facebook
- Bukan hanya WhatsApp saja yang bisa melakukan share lokasi ke orang lain, Facebook juga bisa memberikan fitur yang memungkinkan para pengguna mengetahui keberadaan lokasi temannya sedang berada.

Sekarang ini, bukan hanya sekedar menggunakan sebagai sarana berkomunikasi namun FB juga dapat dipergunakan untuk berbagai macam hal seperti berjualan, customer service digital sampai ke hal untuk melacak lokasi lewat Facebook.

Biasanya sangat mudah mengetahui lokasi akun Facebook, kalau GPS diaktifkan lewat fitur location services yang mana menggunakan kombinasi GPS dan jaringan seluler untuk mudah dalam menentukan posisi perangkat.

Akan tetapi, meskipun location service Facebook sudah dinonaktifkan tetap saja bisa terungkap karena Facebook secara diam-diam juga bisa melakukan pelacakan para penggunanya dengan cara lain.

Selain itu, aplikasi Facebook juga bisa dengan mudah mengetahui posisi atau lokasi pengguna dari postingan aktivitas dan juga informasi yang sudah mereka deskripsikan di sana.

Nah, supaya anda bisa mengetahui lokasi temannya lagi dimana langsung saja simak ulasan cara melacak orang lewat Facebook yang akan kami sampaikan sebagai berikut.

Cara Melacak Orang Lewat Facebook

Cara Melacak Orang Lewat Facebook
Cara Melacak Orang Lewat Facebook
Dengan anda menonaktifkan akses aplikasi Facebook ke dalam location service yang memakai gabungan GPS dan jaringan seluler sehingga pelacak bisa dengan mudah dinonaktifkan lho guys!

Walaupun location services Facebook sudah dinonaktifkan, namun belakang ini sudah terungkap bahwa Facebook secara diam-diam masih bisa melakukan pelacakan para penggunanya lewat cara lain.

Karena Facebook mempunyai tiga cara dalam melacak pengguna yakni dengan mengakses location service yang bisa dinonaktifkan, biasanya dari dua cara lainnya Facebook tidak dapat mengandalkan GPS hanya untuk memantau lokasi pengguna tapi pantau postingan pengguna dan alamat IP perangkat yang digunakan.

Bukan hanya itu saja, Facebook juga bisa mengetahui lokasi anda hanya dengan melihat postingan, aktivitas dan juga informasi yang sudah diberikan.

Tidak hanya sekedar dari informasi tempat tinggal anda juga bisa diperoleh oleh Facebook dari keterangan lokasi di marketplace atau dari alamat yang sudah dituliskan di profil pengguna.

Hal semacam ini, bukan hanya sekedar dari aktivitas para pengguna namun Facebook juga bisa melakukan pelacakan lokasi dari alamat IP walaupun cara satu ini tidak begitu akurat dari cara sebelumnya tapi tidak ada salahnya mencoba.

Untuk mempersingkat waktu, langsung saja simak langkah-langkah cara melacak orang lewat Facebook secara mudah diantaranya:
  • Pertama-tama anda tinggal buka aplikasi Facebook yang ada di ponselnya, nanti tinggal tekan tombol yang berbentuk tiga garis disebelah kanan layar atas.
  • Jika sudah, nanti scroll sampai ke bagian bawah hingga menemukan tombol Nearby Friends.
  • Setelah selesai menekan tombol, nanti anda akan diminta untuk memberikan akses untuk mengetahui lokasi anda berada sekarang ini.
  • Apa bila anda mengizinkannya dan ingin mengaktifkan fitur tersebut, silahkan anda tekan tombol Turn On Location Services lalu tekan tombol Allow yang sudah ada di menu pop up yang akan muncul nanti.
  • Maka secara otomatis, anda akan segera melihat daftar teman yang saat ini sedang berada didekat anda dan dalam perjalanan serta tengah dilokasi tertentu dan lain sebagainya.
  • Selesai.

Cara Melacak Orang dengan Aplikasi Google Maps

Cara Melacak Orang Lewat Facebook
Cara Melacak Orang dengan Aplikasi Google Maps
Google Maps juga mempunyai fitur-fitur yang bisa dibilang unggul seperti melacak lokasi seseorang walaupun berada dilokasi yang cukup jauh.

Melacak lokasi menggunakan Google Maps adalah hal yang wajar, sebab untuk dapat mengetahui dimana posisi seseorang sampai mereka harus saling berbagi lokasi.

Fitur satu ini bernama Location Sharing, karena fitur semacam ini juga bisa saling berbagi lokasi selama 3 hari dan cukup berguna untuk anda yang takut jika pasangannya keluyuran tanpa sepengetahuannya.

Untuk bisa menggunakannya, tinggal ikuti setiap langkah-langkah cara melacak orang lewat Facebook dengan aplikasi Google Maps diantaranya:

1. Membuka Aplikasi Google Maps

Pertama-tama cara melacak orang lewat Facebook dengan Google Maps yaitu anda pastikan membuka aplikasi Google Maps lalu tekan tanda garis tiga yang ada di bagian atas tepatnya berada di pojok kiri kemudian pilih location sharing.

2. Tentukan Seberapa Lama Waktu Berbagi Lokasi

Maksimal seseorang saling share lokasi yaitu paling lama 8 jam, sehingga dalam kurun waktu segitu anda sudah bisa melihat posisi seseorang.

Namun kalau tidak mempunyai kontak Handphone dari seseorang yang ingin anda berbagi lokasi, sebaiknya anda pilih copy url linknya yang ada di kolom Copy to Clipboard.

3. Kirim Lewat Kontak Handphone

Kalau anda sudah menentukan seberapa lama untuk berbagi lokasi, anda tinggal kirim melalui kontak Handphone yang sudah tertera dibawahnya.

Nanti jika sudah mengirimkan permintaan untuk berbagi lokasi melalui kontak Handphone ataupun platform lainnya, sehingga akan segera muncul posisi seseorang serta penjelasan seberapa jauh jarak dan baterai Handphone.

Akhir Kata

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara melacak orang lewat Facebook yang sudah kami bagikan diatas untuk anda gunakan.

Ada beberapa cara yang akan memudahkan anda dalam melacak lokasi seseorang lewat Facebook, silahkan anda ikuti saja setiap langkah-langkah diatas.

Meskipun cara diatas tidak begitu menjamin tingkat keberhasilan 100%, akan tetapi tidak ada salahnya untuk mencobanya siapa tahu berhasilkan.

Maka dari itu, langsung saja pilih salah satu cara yang sesuai sama aplikasi dan perangkat yang digunakan sekarang ini supaya proses bisa berjalan lancar. Sekian dan selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel