Cara Agar Kamera iPhone Tidak Mirror Saat Video Call 2024

Daftar Isi
Cara Agar Kamera iPhone Tidak Mirror Saat Video Call - Jika anda termasuk yang suka sekali berfoto selfie menggunakan perangkat iPhone, pastinya sudah cukup sering kebingungan dengan hasil dari kamera depan perangkat tersebut.

Karena foto selfie yang dihasil oleh iPhone akan terlihat terbalik, bahkan hal semacam ini kerap kali membuat para pengguna merasa risih serta agak aneh dengan hasil kamera depan di perangkat iPhone.

Namun yang perlu diperhatikan bahwa hasil dari kamera depan terbalik yaitu bawaan langsung dari aplikasi kamera iPhone tersebut, apa lagi hal semacam ini disebabkan oleh Apple ingin memberikan hasil kamera depan kepada para penggunanya sesuai sama pengelihatan orang lain ketika melihat pengguna dari arah depan.

Walaupun begitu, kenyataannya gagasan Apple ini justru tidak begitu amat disukai oleh sebagian pengguna iPhone malahan sebagian besar pengguna merasa kurang begitu nyaman terlebih lagi ketika kameranya dipergunakan untuk video call.

Itulah alasannya, ada banyak orang yang malas untuk video call maupun selfie dikarenakan gambarnya yang dihasilkan terlihat aneh, terus bagaimana mengatasi kalau kamera iPhone tidak mirror pada saat video call?

Cara Agar Kamera iPhone Tidak Mirror Saat Video Call

Cara Agar Kamera iPhone Tidak Mirror Saat Video Call
Eits, anda tidak perlu cemas ataupun bingung kami sudah ada cara mudah yang dapat terapkan untuk mengatur kamera iPhone supaya tidak mirror atau terbalik dan langsung saja simak beberapa cara agar kamera iPhone tidak mirror saat video call sebagai berikut.

1. Melalui Mirror Front Camera

Ada salah satu cara yang mungkin bisa anda terapkan untuk mengatasi permasalahan agar kamera iPhone tidak mirror atau berbalik ketika video call yaitu dengan menyalakan fitur Mirror Front.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak langkah-langkah cara agar kamera iPhone tidak mirror saat video call diantaranya:
  • Fitur Mirror Front Camera ini hanya dapat diaktifkan ketika perangkat iPhone sudah mengoperasikan sistem operasi iOS 14.
  • Namun jika belum, sebaiknya anda perbaharui terlebih dahulu sistem operasi buat perangkat yang sudah mendapatkan dukungan sistem tersebut.
  • Setelah selesai melakukan pembaharuan, nanti anda atur fitur baru iOS tersebut lewat Pengaturan atau Settings.
  • Lalu anda tinggal scrool layar sampai ke bagian bawah dan anda masukkan ke bagian Camera.
  • Tinggal anda cari sub-bagian Composition dan di sub bagian tersebut sehingga anda bisa menekan Mirror Front Camera untuk menggeser tombol di posisi aktif.
  • Silahkan anda coba mode kamera depan iPhone yang dipakai untuk melihat, apakah sudah berhasil melakukan setting atau pengaturan kamera iPhone supaya tidak mirror atau belum.
Namun sangat disayangkan, biasanya fitur Mirror Front Camera ini hanya tersemat secara terbatas di Handphone baru Apple saja.

Maka dari itu, sebaiknya anda gunakan produk lawas iPhone supaya anda tidak menemukan fitur tersebut pada bagian setting meskipun sudah memasang iOS 14 sekalipun.

2. Melalui Fitur Flip Foto

Bukan hanya menggunakan fitur Mirror Front Camera, namun anda bisa juga memanfaatkan fitur Flip Foto untuk mengatur supaya kamera iPhone tidak mirror pada saat video call.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak langkah-langkah cara agar kamera iPhone tidak mirror saat video call lewat fitur Flip Foto sebagai berikut:
  • Pertama-tama buka iPhone anda, lalu anda buka aplikasi Kameranya.
  • Disana anda tinggal menekan tombol Edit dan pilih Corp.
  • Jika sudah, nanti anda pilih opsi Flip yang akan segera muncul di pojok kanan atas halaman Editor Photos.
  • Kemudian anda tinggal menekan tombol Done ketika kamera sudah berhasil anda bidik.
Biasanya metode ini bisa anda terapkan diperangkat iPhone yang tidak memiliki dukungan Mirror Front Camera atau di produk lawas iPhone.

3. Melalui Aplikasi Adobe Photoshop Express

Sementara cara agar kamera iPhone tidak mirror saat video call lewat aplikasi Adobe Photoshop Express, yaitu sebagai berikut:
  • Unduh dan install aplikasi Adobe Photoshop Express melalui link berikut ini (Download Aplikasi Adibe Photoshop Express).
  • Setelah selesai, nanti anda buka aplikasi Adobe Photoshop Express dan silahkan berikan izin di aplikasi untuk mengakses kamera.
  • Nanti anda tinggal sentuh open dari camera roll.
  • Selanjutnya anda silahkan pilih opsi Flip atau tanda panah vertical horizontal untuk membalikan tampilan foto yang ada di gambar.

4. Melalui Aplikasi WhatsApp

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya bahwa permasalahan video yang terbalik tidak selamanya berhubungan dengan Smartphone saja.

Namun kadang-kadang video yang terbalik ini berasal dari aplikasi yang sedang anda gunakan untuk video call, termasuk aplikasi WhatsApp.

Mungkin anda sudah tahu aplikasi chatting satu ini, WhatsApp sudah termasuk menjadi salah satu aplikasi chatting terbaik dan sudah banyak yang menggunakannya di seluruh dunia.

Ada salah satu fungsi yang dimiliki aplikasi ini yaitu berkomunikasi via video atau biasanya dikenal dengan sebutan video call.

Akan tetapi ada sebagian pengguna pada saat video call justru videonya mirror, terus bagaimana cara mengatasinya?

Oleh sebab itu langsung saja simak cara agar kamera iPhone tidak mirror saat video call di WhatsApp, diantaranya:
  • Pertama-tama masuk ke setting kamera yang ada di iPhone anda. Jika anda baru pertama kali menggunakan kamera belakang, sebaiknya anda ganti ke kamera depan.
  • Lalu cari tombol capacitive dan jika sudah anda tinggal menekan dan tahan. Akan tetapi, biasanya tombol satu ini juga dipergunakan sebagai tombol recent application.
  • Jika sudah, mungkin anda akan menemukan tulisan cermin kamera depan. Akan tetapi, masalahnya ini yang gangguan di HP anda jadi anda cukup menonaktifkannya.
  • Setelah selesai menonaktifkannya, anda silahkan coba untuk memulai melakukan video call kembali menggunakan WhatsApp dan seharusnya sekarang ini video anda sudah tidak mirror lagi. Namun jika anda dapat video call dengan siapapun itu tanpa merasa risih dengan video mirror tersebut.
Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara agar kamera iPhone tidak mirror saat video call yang sudah kami sampaikan diatas.

Jika anda ingin cara yang sederhana dan malas melakukan pengunduhan serta penginstallan aplikasi tambahan, sebaiknya anda coba cara pertama dan kedua saja.

Akan tetapi, jika anda ingin berkreasi sebaiknya gunakan cara ketiga saja bukan hanya mengatur kamera saat video call anda juga dapat mengedit foto supaya terlihat jauh lebih menarik. Sekian dan selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel